Perancangan Prototype Aplikasi Review Wisata Berbasis Mobile
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v8i1.158Abstrak
Jumlah wisatawan di Indonesia tentu sangat banyak, sebagai akibatnya pertumbuhan destinasi wisata di Indonesia bertumbuh sangat pesat, tetapi terkadang para wisatawan tidak mengetahui informasi yang cukup perihal wisata yang akan dituju, mulai dari lokasi daerah wisata, harga tiket masuk, jam buka dan tutup, informasi kuliner khas di wilayah suatu daerah yang dituju, dan pengalaman dari wisatawan lain yang sudah berkunjung pada kawasan tersebut (review) . Maka dari itu penulis membuat aplikasi review tempat wisata bernama "Keliling", yang bertujuan untuk memudahkan para wisatawan menerima informasi yang cukup tentang wisata yang akan dituju. Pembuatan aplikasi ini merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para wisatawan, dengan menggunakan aplikasi ini para wisatawan diharapkan dapat berlibur dengan lebih berkesan dan menarik. Selain manfaat untuk user, aplikasi ini juga bermanfaat untuk beberapa aktor juga, antara lain bagi pengelola wisata dapat memudahkan mereka untuk mengoptimalkan objek wisata tersebut, bagi pemerintah dapat mempromosikan wisata dan event kota mereka, dan juga bagi pelaku umkm kuliner dan cinderamata mendapat media promosi secara tidak langsung.
Kata Kunci: Aplikasi Review Tempat Wisata, Desain Aplikasi, UMKM, Keliling
Referensi
Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawaty, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan, 4(1).
Ginting, A. A. br, & Utomo, D. P. (2019). Perancangan Aplikasi Catalog Wisata di Sumatera Utara Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer).
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1).
Nadhif, A. K., Taufiq, D., Hussein, M. F., & Widiati, I. S. (2021). Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking. Jurnal IT Cida, 7(1).
Putra, R. A., Susilo, B., & Setiawan, Y. (2019). Evaluasi Usability Terhadap Sistem Promosi Pariwisata Berbasis Android dan Web (Studi Kasus: Objek Pariwisata di Provinsi Bengkulu). Rekursif:Jurnal Informatika, 7(2).
Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1).
Solikin, I. (2018). Implementasi Penggunaan Smartphone Android untuk Control PC (Personal Computer). Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT, 3(2).
Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Information System and Informatics, 3(1).
Susanti, E., Fathiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan Dan Industri.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.
Â
Â
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.