Perancangan Prototype Aplikasi Review Wisata Berbasis Mobile

Penulis

  • Allak Fajar R STMIK Amikom Surakarta
  • Dwi Setyawan STMIK Amikom Surakarta
  • Irwandi Refraugati STMIK Amikom Surakarta
  • Muhammad Dafa C STMIK Amikom Surakarta
  • Ina Sholihah Widiati STMIK Amikom Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55635/jic.v8i1.158

Abstrak

Jumlah wisatawan di Indonesia tentu sangat banyak, sebagai akibatnya pertumbuhan destinasi wisata di Indonesia bertumbuh sangat pesat, tetapi terkadang para wisatawan tidak mengetahui informasi yang cukup perihal wisata yang akan dituju, mulai dari lokasi daerah wisata, harga tiket masuk, jam buka dan tutup, informasi kuliner khas di wilayah suatu daerah yang dituju, dan pengalaman dari wisatawan lain yang sudah berkunjung pada kawasan tersebut (review) . Maka dari itu penulis membuat aplikasi review tempat wisata bernama "Keliling", yang bertujuan untuk memudahkan para wisatawan menerima informasi yang cukup tentang wisata yang akan dituju. Pembuatan aplikasi ini merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para wisatawan, dengan menggunakan aplikasi ini para wisatawan diharapkan dapat berlibur dengan lebih berkesan dan menarik. Selain manfaat untuk user, aplikasi ini juga bermanfaat untuk  beberapa aktor juga, antara lain bagi pengelola wisata dapat memudahkan mereka untuk mengoptimalkan objek wisata tersebut, bagi  pemerintah dapat mempromosikan wisata dan event kota mereka, dan juga bagi pelaku umkm  kuliner dan cinderamata mendapat media promosi secara tidak langsung.

Kata Kunci: Aplikasi Review Tempat Wisata, Desain Aplikasi, UMKM, Keliling

Referensi

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawaty, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan, 4(1).

Ginting, A. A. br, & Utomo, D. P. (2019). Perancangan Aplikasi Catalog Wisata di Sumatera Utara Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer).

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1).

Nadhif, A. K., Taufiq, D., Hussein, M. F., & Widiati, I. S. (2021). Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking. Jurnal IT Cida, 7(1).

Putra, R. A., Susilo, B., & Setiawan, Y. (2019). Evaluasi Usability Terhadap Sistem Promosi Pariwisata Berbasis Android dan Web (Studi Kasus: Objek Pariwisata di Provinsi Bengkulu). Rekursif:Jurnal Informatika, 7(2).

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1).

Solikin, I. (2018). Implementasi Penggunaan Smartphone Android untuk Control PC (Personal Computer). Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT, 3(2).

Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Information System and Informatics, 3(1).

Susanti, E., Fathiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan Dan Industri.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-29

Terbitan

Bagian

Articles